Menghilangkan, Meredakan Jerawat

 [TULISAN 11]

            Halo, udah lama banget gak nulis blog, kali ini aku balik mau sharing cara aku ngilangin atau memudarkan bekas jerawat. Curhat sedikit, tipe kulit wajah aku terbilang kering dan jarang muncul jerawat, sekalinya ada itupun hanya 2-3 aja, ukurannya sedang dan hanya muncul di daerah T-Zone, biasanya muncul jerawat kalau sedang PMS. Beberapa bulan yang lalu (di tahun 2019), aku ngalamin masa-masa jerawat aku muncul BANYAK banget dan ukurannya BESAR-besar, iya aku capslock, karena aku kaget banget pertama kali ngalamin yang sebanyak itu. Jerawat aku terus bermunculan di daerah dahi, bengkak, kemerahan dan sakit (sampai bikin nyut-nyutan dan sakit kepala). Padahal aku gak lagi dalam masa PMS ataupun stress (stress sedikit dan dalam batas wajar). Sekalipun ada yang mulai kempes atau hilang, pasti akan ada yang muncul lagi, ibaratnya mati satu tumbuh seribu. Sempat bikin insecure juga, karena hampir semua orang, temen kantor, keluarga nanyain "itu jidat kenapa Din?", atau "lagi PMS ya?".

            Akhirnya mulai searching cari tau skincare buat jerawat, cara-cara ngilangin jerawat, hal-hal yang memicu timbul jerawat dan lainnya. Setelah lebih dari 4 bulan aku coba-coba pakai skin care (buat jerawat) dan cara lainnya buat ngilangin jerawt, alhamdulillah, sekarang jerawat aku udah membaik, udah kempes, dan bekas-bekasnya juga sudah pudar. Nah, aku mau sharing nih beberapa cara atau skincare yang aku pakai buat ngilangin jerawat dan bekasnya (untuk tulisan menghilangkan bekas jerawat akan disambung ke tulisan selanjutnya ya).

            A. Menghilangkan / Meredakan Jerawat

            1. Mengurangi stress

            Jujur itu susah banget, dengan jerawat bejibun kayak gitu malah nambah stress, pikiran "kapan jerawat ini bakalan hilang?" ditambah pertanyaan orang-orang, tapi sebisa mungkin aku kurangin pikiran itu, cari hiburan, dan suruh orang-orang "udah gausah ngomongin jerawat gue", atau jawab pertanyaan dengan "iya lagi PMS".

            2. Kompres Jerawat

            Semenjak jerawatan aku sering kompres jerawat pakai air mawar a.k.a Rose Water, biasanya aku pakai merek Haple atau Viva, tapi paling sering pakai Haple dan sudah habis berbotol-botol (sampai lupa berapa botol). Aku kompres jerawat pakai kapas biasa yang udah aku basahin air mawar, sehari bisa 2-3x (siang atau sore di kantor, dan malam saat pakai rangkaian skincare lain). Dari yang aku baca-baca di artikel, air mawar punya fungsi meredakan radang atau kemerahan, dan itu berfungsi dengan baik di kulit aku, ditambah bikin cepat kering bekas luka jerawat (bekas jerawat yang jadi koreng).

        Selain pakai air mawar, aku juga sering kompres kulit pakai toner untuk exfoliate (yang mengandung AHA/BHA) atau untuk kulit berminyak. Paling sering aku pakai toner Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment atau Cosrx BHA Blackhead Power Liquid. Fungsi masing-masing toner kalian bisa cari sendiri ya hehe.

Gambar: Cosrx BHA Blackhead Power Liquid


            3. Maskeran

            Aku memang sering maskeran, baik pakai sheet mask, masker alami (racik sendiri pakai buah, atau oatmeal dan susu) atau masker bilas yang siap pakai. Semenjak jerawatan aku lebih sering maskeran bisa seminggu 3-5 kali (kadang pagi sebelum berangkat kerja atau malam), dan aku paling sering pakai yang clay mask karena fungsinya untuk mengangkat minyak berlebih dan kotoran. Aku sudah coba beberapa merek, Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask, Freeman (variannya paling banyak aku coba), sampai Everwhite. Bisa kalian cari dan pilih sendiri ya clay mask yang cocok buat kulit kalian.

            4. Obat Totol Jerawat

            Ini adalah salah satu rangkaian skincare baru aku, setelah melihat teman aku yang tiap pagi pakai obat totol jerawat dan lihat videonya ka Suhay Salim, aku pun ikutan pakai obat totol jerawat. Sebenarnya aku gak yakin kalau obat totol bisa membuat jerawat reda atau hilang tapi yang namanya usaha kenapa nggak? Sampai akhirnya aku coba beberapa produk khusus untuk jerawat atau obat totol jerawat, Safi Anti Acne Cream, Cosrx Cantella Blemish Cream dan Acnol Lotion. Ketiganya aku pakai secara acak, sehari 2x (siang atau sore di kantor, dan di rangkaian akhir skincare malam hari). Setelah pakai ketiga produk itu beberapa bulan, aku menyadari ketiga produk itu punya fungsi yang sama namun untuk jenis jerawat yang berbeda. Safi Anti Acne Cream dan Cosrx Cantella Blemish Cream di kulit aku berfungsi meredakan jerawat yang sedang-besar, dan kemerahan. Sedangkan Acnol Lotion bekerja di jerawat-jerawat kecil yang mulai tumbuh, dan jerawat yang sudah keluar putihnya (sudah hampir pecah).

Gambar: Safi Anti Acne Cream

Gambar: Cosrx Cantella Blemish Cream

Gambar: Acnol Lotion


            5. Pimple Patch

            Selama jerawatan tangan aku gatal banget, ingin garuk atau pegang-pegang jerawat, apalagi jerawat yang mau pecah atau lagi bengkak. Buat ngehindarin pegang-pegang jerawat, aku sering pakai pimple patch atau plester khusus jerawat merek Cosrx Acne Pimple Master Patch yang warna putih merah isi 24 lembar (dengan berbagai ukuran). Selain menutupi jerawat dari tangan iseng aku, ini juga berfungsi menutupi kemerahan jerawat dan menyerap nanah/cairan putih jerawat yang akan pecah, sehingga mempercepat proses kempesnya jerawat. Sangat membantu buat menutupi jerawat dari debu, kotoran, dan pertanyaan orang-orang (supaya orang-orang tidak bertanya apalagi meledek). Bisa juga dipakai dibawah/ditimpa makeup (meskipun akan terlihat ada bentuk lingkaran).

Gambar: Cosrx Acne Pimple Master Patch

            Nah, di atas tadi adalah beberapa cara yang aku lakukan selama mengalami masa-masa jerawat parah. Tulisan selanjutnya akan aku share beberapa cara yang lakukan untuk menghilangkan bekas jerawatnya. Terima kasih telah membaca, sampai jumpa ditulisan berikutnya <3.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer