Skin Care Versi Males

[TULISAN 10]

Halo, kali ini aku gak mau review produk skin care tapi mau cerita sedikit (curhat) masalah skin care. Semenjak aku sering pakai skin care dan sharing di sosial media soal skin care, banyak banget yang tanya ke aku masalah skin care apa yang bagus buat kulit kering, jerawatan, ataupun beruntusan. Setelah aku kasih tau produk apa yang aku pakai atau bagus (berdasarkan referensi yang aku tahu) mereka selalu balik nanya atau komentar “banyak banget” lah... “itu harus rutin ya?” atau “mahal...”. Oke, untuk komentar ‘mahal’ aku sangat maklumin karena tiap orang memiliki arti kata ‘mahal’ yang beda-beda, tapi untuk komentar “banyak banget” atau “harus rutin pakainya?”, itu lumayan bikin aku berkata (dalam hati), “hmm... pengen kulit mulus tapi males, emangnya kulit bagus itu sulap”, “ye tadi nanya, giliran dikasih tau protes banyak banget”.
Kalo ada yang tanya ke aku kenapa rajin pakai skin care, karena menurutku skin care itu adalah bentuk investasi, setidaknya untuk diri sendiri. Selain itu saat aku pakai skin care, aku merasa seneng dan ada kepuasan batin tersendiri (cieilah).
Sekian curhatan singkat dariku masalah skin care. Oh iya, aku juga mau sharing produk skin care untuk pemula atau skin care yang menurut aku sangat diperlukan atau versi malesnya buat yang protes skin care itu banyak dan ngerepotin.


1.       Cleansing
Untuk cleansing setidaknya lakukan double cleansing untuk memastikan wajah benar-benar bersih apalagi habis pakai make up. Produk yang aku saranin itu micellar water atau micellar water yang mengandung minyak, produk yang akau pakai Micellar Oil-Infused Water, selain harganya murah (sekitar 35-40 ribu), gampang ditemuin, produk ini bagus untuk angkat make up yang waterproof. Untuk second cleanser atau face wash itu banyak banget yang bagus, murah dan banyak ditemuin di minimarket, misalnya Pond’s, Hadalabo, Clean n Clear. Cari aja sesuai kebutuhan kalian.

2.       Toning
Menurutku toner itu perlu gak perlu, kalau kalian merasa kulit fine-fine aja gak pakai toner pun gak masalah. Tapi, aku pribadi lebih sering pakai toner terutama exfoliating toner, karena membantu mencerahkan wajah yang kusam dan mengangkat sel-sel kulit mati. Exfoliating toner yang aku pakai dari Benton Aloe BHA Skin Toner, menurutku itu sangat mild dan bisa dipakai tiap hari, dan aku rasa aku gak perlu pakai hydrating toner lagi kalau aku pakai itu (karena gak bikin kulit kering). Harganya juga affordable, 130 ribu untuk 200ml dan bisa dipakai sampai 3 bulan lebih.

3.       Moisturizer
Pelembab itu wajib! Meskipun kulit kalian tipe berminyak, kalian tetap butuh pelembab. Menurutku pelembab yang paling ringan dan nyaman dipakai itu yang bentuknya gel. Kalua aku pakai Aloe Vera Gel karena paling gampang ditemui, murah, dan banyak brand yang mengeluarkan produk Aloe Vera Gel jadi banyak pilihannya juga misalnya Wardah, Nature Republic, The Saem atau Mineral Botanica.

4.       Sunscreen

Terakhir yang menurutku penting yaitu sunscreen atau tabir surya dipakai di pagi hari sebelum keluar rumah biar muka gak gosong, belang apalagi keriput. Apalagi sinar matahari sekarang jauh lebih ganas dan terik. Tapi, menurtku kalau kalian pakai foundation, atau BB cream yang sudah mengandung SPF gak perlu lagi pakai tabir surya karena biasanya tabir surya bikin wajah lebih keliatan berminyak dan gak nyaman di wajah (sesuai kebutuhan masing-masing ya). Ada beberapa tabir surya yang nyaman dipakai (gak terlalu lengket dan ringan) misalnya Biore UV Aqua Rich, Wardah Sun Care Sunscreen Gel atau Emina Sun Protection Sun Screen. 

Terima kasih telah membaca :)
CMIIW

Komentar

Postingan Populer